Deteksi Dini Retinopati Diabetika

 on Minggu, 20 Januari 2013  

Deteksi Dini Retinopati Diabetika
Deteksi Dini Retinopati Diabetika - Diabetes Melitus, banyak orang yang tak mengetahui bahwa dirinya menderita penyakit ini. Penyakit ini sering terdeteksi saat terjadi gangguan penglihatan. Ya, gangguan penglihatan merupakan salah satu penyakit komplikasi dari Diabetes Melitus ini disebut Retinopati Diabetika. Tak bisa dianggap remeh, gangguan penglihatan ini tak dapat dikembalikan seperti semula. Pengobatan hanya sebatas mencegah kebutaan dan memperbaiki penglihatan. Pasalnya, Retinopati Diabetika tidak menampakkan gejala khusus. Kadar gula tinggi pada penderita Diabetes Melitus bersifat merusak pembuluh darah. Dan saat kadar gula tidak terkontrol, terjadilah gangguan di pembuluh darah mikrovaskuler yang menuju ke retina mata. Baik itu pecah, bocor atau macet yang disebabkan kadar gula tinggi mengakibatkan retina kekurangan oksigen dan nutrisi yang menyebabkan penglihatan menurun. 

Skrining mata sedini mungkin perlu dilakukan bagi penderita diabetes sebagai langkah antisipasi terjadinya kebutaan. Deteksi dini kelainan pada lapisan jala (Retina Mata) pada sarana pelayanan kesehatan yang memiliki Pelayanan Vitreo Retina. Dan yang paling utama adalah kontrollah kadar gula darah secara rutin bagi penderita Diabetes Melitus agar selalu dalam batas aman. Pola makan sehat, olah raga sesuai kemampuan dan minum obat sesuai jadwal. Deteksi dini Retinopati Diabetika, sebelum terlambat! Hidup sehat bersama Info Kesehatan Kita.
Deteksi Dini Retinopati Diabetika 4.5 5 Unknown Minggu, 20 Januari 2013 Deteksi Dini Retinopati Diabetika - Diabetes Melitus, banyak orang yang tak mengetahui bahwa dirinya menderita penyakit ini. Penyakit ini s...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar